Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Perbedaan Rumus Dengan Alamat Absolut, Alamat Relatif, Alamat Campuran Relatif Dan Absolut

Perbedaan Rumus Dengan Alamat Absolut, Alamat Relatif, Alamat Campuran Relatif Dan Absolut

Pada Tutorial Microsoft Excel yang lalu kita telah membahas beberapa point mengenai fungsi, kegunaan dan menu pada Microsoft Excel 2010. Selanjutnya akan dibahas tentang Perbedaan alamat sel relatif, absolut dan semi absolut. Di dalam melakukan penghitungan sebuah data di microsoft excel perlu adanya pemahaman dan ketelitian terhadap Alamat Cell yang mau di uji atau di test. Di dalam Microsoft Excel di kenal 3 alamat cell yaitu alamat cell relatif, absolut dan semi absolut atau semi relatif, berikut perbedaan antara alamat cell relatif, absolut dan semi absolut selengkapnya :

1. Rumus Dengan Alamat Relatif
Alamat relatif berarti alamat sel yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat atau lokasi yang baru. Ciri alamat relatif adalah ketika rumus di-copy ke bawah atau kanan, rumus yang di-copy-kan mengikuti alamat sel. Contoh : Pada Cell C2 berisi rumus =A2*B2, Jika rumus tersebut di copy ke sel C6, maka akan otomatis berubah menjadi =A6*B6
2. Rumus Dengan Alamat Absolut
Alamat sel absolut adalah alamat sel yang tetap alias absolut, berarti sel yang kolom dan barisnya terkunci. Apabila sel yang berisi rumus tersebut di copy ke sel yang lain, maka rumus tersebut tidak berubah. Alamat ini ditandai dengan $ pada posisi kolom dan barisnya dengan menekan tombol F4 pada keyboard. Contoh: Pada sel C4 kita isikan rumus =$B$1*B4. Jika rumus itu kita kopikan ke sel C7, maka rumusnya akan menjadi =$B$1*B7. Terlihat bahwa alamat B1 akan tetap. B1 disebut alamat absolut mutlak.
3. Rumus Dengan Alamat Campuran Relatif dan Absolut
Alamat cell semi absolut atau alamat cell semi relatif adalah alamat cell absolut yang hanya di kolom atau di barisnya saja. Hal ini digunakan supaya dalam pengerjaan rumus yang memungkinkan penggunaan tanda absolut $ bisa diselesaikan dengan cepat. Jadi kita hanya cukup membuat rumus dalam satu cell, baris, atau kolom selanjutnya tinggal di drag cepat dan praktis.
Untuk lebih jelas lihat contoh penggunaan :
Jika dianggap bunga + harga dianggap tetap, Bentuk rumus pada data di atas adalah :
Rumus di Cell C5 : =B5/C$4
Diberi tanda absolut seperti diatas supaya ketika kita drag ke bawah dan ke kanan maka kolom (bulan cicilan) tetap dan baris (harga mobil) berubah menyesuaikan. Lihat hasilnya di bawah ini.

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Perbedaan Rumus Dengan Alamat Absolut, Alamat Relatif, Alamat Campuran Relatif Dan Absolut . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Sunday, February 14, 2016 and have 0 comments

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.