Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Berkeliling Dunia dengan Google Earth dan Google Maps

Berkeliling Dunia dengan Google Earth dan Google Maps

Google Earth dan Maps yang dikembangkan Google termasuk salah satu aplikasi yang merevolusi kehidupan manusia di abad ke-21 ini. Dengan menggunakan layanan peta raksasa ini, seseorang dapat melihat lokasi-lokasi di seluruh penjuru dunia beserta foto dan video di lokasi tersebut (jika ada). Peta Google terbaru dengan tampilan 3D ini akan membuatAnda seolah berkeliling dunia.

Apa itu Google Erth ?
Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Salah satu keunggulan Google Earth adalah peta ini mencakup keseluruh dunia.

Awalnya, Google Earth dibuat oleh sebuah perusahaan yang disebut Keyhole Inc. dan pertama kali dinamai dengan nama Earth Viewer 3D. Fiturnya waktu itu masih sederhana. Fitur tersebut kemudian diakusisi oleh Google di tahun`2004 dan sejak itulah fiturnya mulai dilengkapi dan dipercanggih.

Gambar peta dunia yang diperoleh oleh Google Earth diambil dari gabungan beberapa sumber, seperti fotografi udara, gambar dari satelit, dan dari olahan GIS [Geographical Information System). Ada 2 jenis lisensi untuk menggunakan Google Earth. Pertama adalah versi gratis di mana Anda bisa menggunaka Google Earth tanpa harus berbayar, namun fitur yang bias diakses terbatas. Kedua adalah Google Earth Pro dengan biaya berlangganan tahunan sebesar 495 dolar dan fiturnya lebih banyak. Download Google Earth dan saksikan kota-kota yang indah secara nyata darinegara-negara di berbagai belahan bumi.

Berikut ini langkah instalasi Google Earth :
1.  Buka http://earth.google.com lalu klik pada link Unduh Google Earth (di sebelah kanan halaman resmi Google Earh tersebut).
2.  Setelah muncul halaman Download, Anda perlu menentukan apakah akan ikut men-download Google Chrome atau tidak. Jika tidak, hilangkan cek pada Termasuk Google Chrome....dan Jadikan Google Chrome sebagai browser default saya. 
3.  Klik Setuju dan Unduh untuk men-download.
4.  Setelah selesai di download, Klik Run untuk menjalankan software tersebut.
5.  Selanjutnya bootstrapper akan men-download software Google Earth dan langsung menginstalnya.
6.  Setelah Selesai, Google Earth akan langsung terlihat di layar komputer. Tampilannya seperti berikut.
 
        
Bagaimana dengan Google Maps?
Sebenarnya fitur utamanya hampir sama, namun Google Maps adalah versi web sehingga fiturnya tidak selengkap Google Earth. Hal ini disebabkan oleh infrastruktur web yang belum selengkap infrastruktur aplikasi desktop. Google Maps adalah sebuah layanan peta virtual gratis dan online yang disediakan oleh Google. Layanan ini dapat ditemukan di http://maps.google.com. Google Maps menawarkan peta seluruh dunia, dan juga menawarkan fitur perencanaan rute dan pencari lokasi bisnis di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina, Inggris, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Berikut tampilan Google Map.

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Berkeliling Dunia dengan Google Earth dan Google Maps . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Saturday, February 16, 2013 and have 0 comments

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.