Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Uninstall Ubuntu Dual Boot Windows dengan EasyBCD

Uninstall Ubuntu Dual Boot Windows dengan EasyBCD

Assalamu alaikum Wr.Wb.
Sahabat sejati, pada kesempatan kali ini saya akan memposting Cara Uninstall Ubuntu dual boot windows dengan EasyBCD. Pada sebuah perangkat komputer dengan OS (Operating System) Windows memungkinkan untuk melakukan instalasi 2 atau lebih OS. Istilah ini dikenal dengan Duol Boot. Dalam bidang installasi Linux, istilah dual boot ini sering digunakan untuk menyebutkan sistem operasi Linux yang terinstall berdampingan dengan sistem operasi windows. Walaupun dual boot dapat sangat memungkinkan untuk mendampingkan Linux dengan sistem operasi lain seperti Mac, Solaris, BSD, bahkan sesama Linux sendiri yang berbeda distro.
tampilan booting Ubuntu Dual Boot Windows
Orang menggunakan konsep Dual Boot dengan berbagai alasan, mungkin untuk mencoba-coba, atau mungkin untuk bekerja, selain itu juga karena ada beberapa aplikasi yang belum ditemukan penggantinya di sistem operasi Linux, dan menjalankan aplikasi tersebut di sistem operasi windows adalah jalan keluar yang masuk akal untuk kondisi tersebut dan berbagai alasan lain. Misal Windows 7 dengan Windows 8, atau seperti punya penulis Windows7 dan Linux Ubuntu (kebetulan Ubuntu saya gunakan untuk mengerjakan tugas kuliah). Setelah lama tidak saya pakai linux ubuntu (lebih sering menggunakan windows 7), saya coba untuk masuk ke ubuntu, eh ternyata ubuntu saya error dan saya tidak dapat masuk ke ubuntu. Nah pasti akan timbul pertanyaan bagaimana caranya menghapus sistem operasi linux. Sebelum anda meng-uninstall  atau menghapus linux, anda perlu meng-install software EasyBCD yang di gunakan untuk menampilkan boot loader windows. Anda bisa men-downloadnya disini (password rar :ahmad 123) atau bisa juga disini.. 

Setelah men-download EasyBCD, dan Menginstallya, Anda tinggal mengikuti langkah singkat berikut.
Cara Uninstall/Menghapus LINUX :
  • Buka EasyBCD (Lihat gambar di bawah - Klik setiap gambar untuk perbesar)
    gambar easybcd
  • Kemudian klik BCD Deployment  
    gambar EasyBCD klik BCD Deployment
  • Selanjutnya, Klik tanda panah bawah yang ada pada partition (tanda merah) untuk menentukan partisi yang akan di hapus.
    partisi ubuntu yang akan di hapus dengan EasyBCD
  • Kemudian selanjutnya, klik Write MBR. Write MBR berfungsi untuk membuat boot loader dari windows aktif, sehingga ketika booting langsung masuk ke windows, tidak masuk ke grub loader linux.   
  • Masuk ke disk management, klik kanan pada ‘my computer’ ==> pilih ‘manage’ ==> setelah jendela ‘computer management’ muncul, pilih ‘disk management
    gamabar disk management
  • Pilih partisi ubuntu ==> klik kanan ==> pilih ‘delete/hapus/format
  • Restart Komputer
Sekarang Ubuntu telah terhapus dari komputer. Semoga bermamfaat...


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Uninstall Ubuntu Dual Boot Windows dengan EasyBCD . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Wednesday, May 08, 2013 and have 11 comments

11 comments

kebaikan semoga selalu menyertaimu kawan... terima kasih banyak atas ilmu yg tlah diberikan tentunya amat bermanfaat utuk ana... semoga Allah SWT membalasnya dengan berlipat ganda. salam kenal Ajat Sudrajat by Tangerang. sukron.

sama2, salam kenal kembali...

Anonymous delete 01:50:00

sangat membantu mas artikelnya

kalo yang mau dihapus yang windows caranya gimana ya?

sanat bermanfaat

Terimakasih teman saya ambil dulu filenya..

luar bias bermanfaat, semoga menjadi amal yg tidak pernah berhenti untuk anda

makasih infonya mas, tapi kalo seandainya saat pertama nginstal ubuntu kita nginstalnya ngambil sebagian dari partisi C: trus pas udah kita apus tapi ruang kosong bekas ubuntu itu mau kita pindahin ke D: gimana caranya ya ?

This comment has been removed by the author.

Ini work ga, gan?

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.