Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Apa itu Laptop atau Notebook ?

Apa itu Laptop atau Notebook ?

Perbedaan laptop dan notebook
Komponen utama dalam komputasi mobile adalah laptop. Komputer laptop atau lazim disingkat laptop saja, merupakan sebuah komponen PC yang memiliki from-factor kecil dan dengan berat antara 1-6 kg. Laptop sering pula disebut notebook atau dengan kata lain laptop dan notebook adalah sebuah sinonim.

Walaupun istilah laptop dan notebook saling menggantikan, namun istilah laptop adalah istilah yang lebih tua penggunaannya yang telah diperkenalkan sejak tahun1981. Notebook adalah istilah yang baru diperkenalkan sejak tahun 1989 mengacu kepada komputer laptop yang tersebut berukuran seperti ukuran kertas letter atau A4, ukuran yang lazim digunakan untuk sebuah buku catatan. Di tahun 2007, pihak pabrikaan lazim menamai produk mereka dengan notebook walaupun pihak konsumen masih lebih familiar dengan istilah laptop.

Laptop memiliki sumber daya baterai dan juga memiliki adaptor AC/DC yang memungkinkan baterai yang terpasang diisi ulang (istilahnya di charge seperti pada handphone). Beberapa jenis laptop juga dilengkapi baterei eksternal 3 volt untuk menjalankan jam dan proses kritis lainnya sebagai cadangan apabila ada kegagalan sumber daya.

Karena jenisnya PC, laptop bisa juga digunakan untuk melakukan tugas yang sama dengna komputer desktop walaupun kemampuannya cenderung tidak sehebat komputer desktop dan sejenis. Hal ini karena, walaupun komponen-komponen sama seperti komputer PC, laptop mengalami pengecilan agar bisa mobile dan meminimasi daya untuk mengoperasikannya.

Monitor laptop menggunakan LCD (Liquid Crystal Display), keluaran laptop terbaru sudah menggunakan LED (Light Emiting Diode) dan menggunakan memory khusus yang lebih kecil dibandingkan DIMM. Keybord di laptop ukurannya lebih kecil disamping juga dilengkapi dengan touch atau pointing stick untuk menggantikan mouse.

Ukuran laptop bervariasi antara 12-15 inchi. Laptop-laptop berukuran layar 12  inchi biasanya memiliki berat kurang dari 1,7 kilogram. Laptop-laptop kecil ini harganya lebih mahal karena memiliki baterai tambaha, CPU yang hemat energi dan tampilan yang terintegrasi. penggunanya adalah pebisnis yang banyak bergerak.


#terima kasih telah membaca artikel "Apa itu Laptop atau Notebook ?" Semoga bermamfaat  ^_^

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Apa itu Laptop atau Notebook ? . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Wednesday, January 08, 2014 and have 0 comments

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.