Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Edmodo.com : Jejaring Sosial Untuk Pendidikan

Edmodo.com : Jejaring Sosial Untuk Pendidikan

Jejaring Sosial Untuk Pendidikan
Sobat tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah "jejaring sosial" baik itu facebook, twitter dan Google+ yang semakin ramai di kungjungi dan menjadi trafik paling tinggi di internet. Sebenarnya banyak sekali jejaring sosial di luar sana dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, beberapa orang menganggap facebook dan twitter hanya mendatangkan banyak mudharat dan sedikit manfaatnya, tapi bagi beberapa orang yang lain juga beranggapan bahwa facebook dan twitter merupakan media yang cukup bermanfaat untuk berbagai hal. Ya...tentu hanya faktor pengguna dan pemanfaatannya.

Oke, langsung saja ke point utamanya, disini saya akan menjelaskan tentang Jejaring Sosial Untuk Pendidikan (Edmodo.com). Perkembangan internet yang semakin hari semakin meningkat baik teknologi dan penggunaannya, hampir semua bidang memanfaatkan internet, termasuk bidang pendidikan. Semakin tingginya penggunaan teknologi maka model pembalajaran pun harus semakin canggih, agar siswa tidak merasa bosen dengan model pembelajaran yang ada. Bagi yang berkecimpung di dunia pendidikan baik guru, siswa maupun orangtua, kini telah hadir sebuah jejaring sosial yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan pendidikan melalui pemanfaatan teknologi.

Apa itu Edmodo ?

Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). Dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O’Hara (2008), edmodo ditujukan untuk penggunaan bagi guru, siswa dan orang tua siswa. Tampilan edmodo hampir sama dengan jejaring sosial facebook. Situs jejaring sosial facebook sudah lumrah dikalangan remaja bahkan anak usia SD pun sudah mengenal apa yang namanya facebook.

Edmodo adalah sebuah platform web 2.0dengan menggunakan konsep social networking berbasis Microblogging yang dikhususkan untuk membangun lingkungan belajar onlineyang aman untuk berbagi data, informasi serta konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video, audio, foto, kalender,link yang dapat dibagikan baik oleh guru maupun siswa danjuga konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan poling yang hanya dapat dibagikan oleh guru (Umaroh, 2012).
(Resource: http://www.masbied.com/2012/12/11/pemanfaatan-jejaring-edmodo-dalam-pembelajaran-matematika)

Kelebihan & Kekurangan Edmodo

Edmodo merupakan social network yang memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran. Seperti halnya social network lain, akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan mengakses http://www.edmodo.com. Hanya saja, Edmodo didesain untuk penggunaan pembelajaran dan berbasis sekolah. Hal ini terlihat jelas pada tampilan halaman awal Edmodo, akan terlihat bahwa login pengguna dibedakan apakah user adalah guru, siswa, atau orang tua siswa. Beberapa fitur yang terdapat pada Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian pun terdapat di Edmodo.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Edmodo
Kelebihan:
1.User Interface. Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
2.Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
3.Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

Kekurangan;
1.Sosial Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
2.Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
3.Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
(Resource : http://falahyunus.wordpress.com/2013/11/26/edmodo-untuk-siswa)
sekian sekilas tentang 'Edmodo.com : Jejaring Sosial Untuk Pendidikan'. Mudah-mudahan dilain waktu saya dapat menerbitkan Artikel/Panduan untuk menggunakan EDMODO.
Update : 
- Cara Mendaftar Edmodo Untuk Guru 
- Cara Mendaftar Edmodo Untuk Siswa

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Edmodo.com : Jejaring Sosial Untuk Pendidikan . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Saturday, February 08, 2014 and have 0 comments

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.