Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Kelebihan Tegangan Pada Sistem Distribusi Tenaga Listrik

Kelebihan Tegangan Pada Sistem Distribusi Tenaga Listrik


• Sebab-Sebab Dari Dalam (Internal)

Switching, kesalahan-kesalahan dan resonansi merupakan sebab-sebab utama kelebihan tegangan dari dalam suatu system. Secara teoritis lonjakan tegangan pada switching dapat mencapai 4 p.u., pada persyaratan system yang sebenarnya tegangan ini tidak boleh naik lebih dari 2,5 p.u.

Pada keadaan kesalahan fasa-tanah yang tetap, kelebihan tegangan frekuensi daya sementara naik. Tegangan antaran fasa-fasa yang sehat di tempat kesalahan atau penangkal petir naik dari 80 sampai 100% lebih dari tegangan antar saluran tergantung dari penempatan pentanhan system. Untuk system pentanahan yang efektif, dalam kesalahan fasa tunggal ke tanah, kenaikan tegangan dari fasa sehat (fasa ke netral) mencapai 80% dari tegangan saluran ke saluran. Pada system pentanahan yang tidak efektif kenaikan tegangan mencapai 90% dan untuk system yang netralnya di isolasi mencapai 100% atau lebih dari tegangan saluran.
 

• Sebab-Sebab Dari Luar (External)

Hal ini disebabkan oleh keadaan atmosfer dari petir yang saling melepaskan muatan antar awan, dalam awan dan awan ke tanah/saluran. Hal ini mungkin dalam bentuk pukulan/sambaran petir langsung, dan tidak langsung dalam hal ini pukulan induksi.

Perlindungan terhadap tegangan-tegangan ini dilakukan dengan pemasangan penangkal petir tipe bunga api udara. Kesalahan-kesalahan tetap dan tegangan lebih karena switching tidak menimbulkan persoalan dalam system distribusi karena pada tahap desain telah disediakan kuat isolasi frekuensi daya untuk waktu singkat yang memadai sesuai IS (standar india) untuk menghadapi lonjakan tegangan. Isolasi perlindungan terhadap tegangan lebih karena petir dilakukan oleh penangkal petir atau celah bunga api.

>>> Read More »

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Kelebihan Tegangan Pada Sistem Distribusi Tenaga Listrik . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Wednesday, February 12, 2014 and have 0 comments

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.