Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia Studio

Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia Studio

Assalamu alaikum Wr.Wb.... Selamat malam sobat blogger dan selamat siang buat yang baca post ini disiang hari !!! dikesempatan kali ini saya ingin mencoba membagikan bagaimana Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia. Yang di maksud video tutorial disini adalah video yang berisi tutorial/panduan ataupun rekaman di layar komputer.

Kebutuhan untuk mebuat video tutorial bisa disebabkan beberapa alasan, misalnya saja jika anda ingin mencoba presentasi dengan cara yang sedikit tidak biasa dan lebih menarik. Alasan lainnya adalah, mungkin Anda ingin membuat tutorial video karena ingin mempublikasikan video tersebut di Youtube.

Mungkin sudah cukup banyak blog ataupun website yang membahas bagaimana cara membuat video tutorial dengan menggunakan berbagai software. Disini saya akan berikan tips cara mudah membuat video tutorial hanya dengan menggunakan software Camtasia Studio 8. Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation.Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer.Karena itulah software ini sangat cocok untuk membuat video tutorial dengan mudah dan cepat.

Langsung saja, Berikut merupakan langkah-langkah membuat video tutorial dengan software Camtasia Studio 8 :
  1. Download dan Install software Camtasia Studio 8, kalau sobat belum punya softwarenya bisa di Download disini.
  2. Buka Camtasia Studio yang telah ada pada desktop.
  3. Pilih menu Record the Screen
  4. Terdapat lima bagian icon, yaitu full screen icon, costum screen, kamera, dan audio, dan record. Anda bisa mengatur ukuran screen sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya untuk merekam seluruh desktop pilih icon full screen. Apabila ingin menambahkan suara (audio) dan kamera pastikan microphone dan web cam telah terhubung dengan komputer.
  5. Kemudian mulai merekam seluruh aktifitas pada komputer dengan klik icon Rec.
  6. Setelah selesai Anda tinggal klik tombol STOP atau F10 pada keyboard untuk berhenti.
  7. Jika Anda telah yakin dengan hasil rekaman kita dan tidak ada yang perlu diedit, klik Produce dan maka rekaman kita langsung diproduksi tanpa proses editing, kita juga bisa mendelete project apabila dirasa kurang memuaskan, namun apabila Anda ingin mengedit terlebih dahulu pilih save and edit.
  8. Untuk memotong video terhadap bagian yang tidak kita inginkan gerakkan cursor track pada bagian yang ingin dibuang klik kanan dan pilih split.
  9. Untuk memberi efek pada cursor pilih menu Cursor Effects.
  10. Apabila video telah selesai kita edit maka langkah selanjutnya adalah memproduksi video. Pilih menu produce and share. Pilih jenis produksi apa yang kita inginkan, Misalnya kita pilih MP4 dengan kualitas video 1080p. Kemudian pilih Next.
  11. Beri nama hasil rekaman kita, kemudian pilih Next dan Finish
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia Studio. Semoga bermamfaat...
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia Studio . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Monday, April 11, 2016 and have 4 comments

4 comments

Makasih gan... Akhirnya Nemu juga Ni Tutorial Nya.semoga bermanfaat untuk semua yang membutuhkan

Mantap pak bozzz...

Hy gan.
Perkenalkan nama saya kadek budi artayasa
Sebelum itu saya ucapkan terimakasi banyak tentang informasi agan ini sangat bermanfaat sekali bagi saya.agan tolong invet line saya namnya(ID nya) : Kadek_budi_artayasa itu ID line saya tolong bantuannya ya gan soalnya saya mau belajar mendetail/pingin mengetahui tentang aplikasi ini. Makasi sebelumnya di tunggu yan gan.terimakasi

terima kasih penjelasannya Bos

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.