Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles



Aku benci menulis, tapi kebencian tak boleh dipelihara

Komponen Sistem Komputer

Komponen Sistem Komputer


Komponen sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) ,dan perangkat insani (brainware)
1. Perangkat keras (Hardware)
Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran) Perangkat keras
terdiri dari :

A. Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. Adapun Perangkat masukan terdiri dari:

1. Mouse

Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjugk mouse pada desktop (ruang kearja) Sisitem opearasi Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti : Dual button, Three button dan Scroll Button
2. Keyboard
 Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12,
3. Scanner
 Alat yang digunakan untuk memindai suatu objek. Misalnya foto, makalah, dan lain-lain.

B. CPU
CPU singkatan dari Central Processing Unit. Secara umum, fungsi dari CPU adalah untuk memproses danmengolah data guna mendapatkan informasi sesuai
dengan yang diharapkan. Di dalam CPU inilah terdapat banyak peralatan penting. Fungsi peralatan yang ada di dalam CPU dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu peralatan proses (processor), peralatan penyimpanan dan peralatan periferal.

Peralatan Proses (Processing)

Alat yang digunakan untuk mengolah dan memproses data disebut peralatan proses. Yang termasuk dalam bahasan peralatan proses adalah :
1. Processor
Merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam komputer, karena processor inilah yang menentukan jenis suatu komputer. Semakin tinggi jenis processor komputer maka semakin baik pula komrputer tersebut. Praoceslsor berfungsi melakukan pembacaan, pengertian dan pelaksanan perintah dari program.
2. ROM (Read Only Memory) 
Berisikan suatu program yang telah ditetapkan oleh pembuat perangkat komputer dan keberadaan program ini tidak dapat diubah, ditambah maupun dikurangi oleh pemakai komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada dalam ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM, diantara perintah dari ROM adalah perintah untuk membaca sistem perasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit sistem, dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun aliran listrik padam.
3. RAM (Random Access Memory)

RAM adalah memori yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya apabila anda belum menyimpannya.

C. Perangkat keluaran
Perangkat keluaran berfungsi untuk menampilkan hasil proses masukan dan pengolahan data oleh komputer. Beberapa contoh perangkat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input.
2. Printer (Alat Cetak)
Peranti ini berfungsi untuk mencetak hasil proses dari masukan (Input) berupa teks atau gambar. Hingga saat ini terdapat tiga jenis printer yaitu printer pita, printer ink jet, dan printer laser.
3. Speaker
Peranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : Ahmad ~ Sekedar Posting

AHMAD Sobat sedang membaca artikel tentang Komponen Sistem Komputer . Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: About Me ! ::

Posted by Ahmad, Published at Wednesday, August 12, 2015 and have 0 comments

Terima kasih telah berkunjung, Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata-kata yang Baik, Bijak dan Sopan.